Monitoring Aplikasi Sistem Rekording Pembibitan Sapi Bali Technopark Banyumulek

Kawasan Technopark (TP) Banyumulek merupakan kawasan agroeduwisata yang berbasis IPTEK dan diharapkan dapat diterapkan di daerah lain di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sehubungan dengan kegiatan Aplikasi Sistem Rekording Pembibitan dan Aplikasi Formulasi Pakan Penggemukan Sapi Bali di Banyumulek NTB. Beberapa bimbingan teknis telah dilakukan oleh LIPI kepada pelaku usaha di sekitar kawasan TP Banyumulek. Khusus bagi peternak, pada awal tahun 2016 telah dilakukan sosialisasi standar rekording dan teknis cara rekording sapi bagi para peternak di kawasan TP Banyumulek. Praktek rekording ternak di lapangan tidak akan berhasil apabila tidak disertai dengan ketekunan dari peternak sendiri. Pemahaman peternak tentang pentingnya rekording juga belum sepenuhnya diketahui oleh peternak.

Berdasarkan hasil diskusi dengan tim rekording di kawasan TP Banyumulek, diketahui bahwa telah mulai dilakukan kegiatan rekording untuk kelompok sapi penelitian sebanyak 16 ekor (8 jantan untuk penggemukan dan 8 ekor betina untuk kegiatan pembibitan) dan sapi Bull yang dikelola oleh BIB juga akan mulai dicatat performanya dan dijadwalkan untuk penimbangan bobot badan sapi Bull dilakukan setiap hari Jumat. Sementara itu untuk kelompok sapi indukan milik dinas Peternakan Provinsi NTB belum dimulai dilakukan rekording dikarenakan supervisor rekording sedang melaksanakan pelatihan di luar kota dan akan dimulai saat supervisor rekording sudah kembali bertugas yaitu sekitar minggu kedua bulan Juni 2016. Dalam kegiatan diskusi ini juga diketahui bahwa kendala yang dihadapi oleh tim rekording dalam menjalankan proses rekording adalah terbatasnya jumlah kandang jepit sapi, dimana yang ada saat ini hanya 2 buah masing-masing untuk kandang sapi penelitian dan kandang sapi uji performan. Sementara itu kandang kelompok sapi indukan sebanyak 2 kandang tidak memiliki kandang jepit. Oleh karena itu diperlukan minimal 2 kandang jepit untuk kandang sapi kelompok indukan agar proses rekording dapat dilakukan tunisie achat viagra.

kegiatan recording sapi baliReview Android Smartphone

Telah dilakukan diskusi dengan pihak Dinas Peternakan Provinsi NTB mengenai hal ini dan disepakati bahwa pihak Dinas Peternakan akan membuatkan kandang jepit sederhana sebanyak 2 buah (model dan spesifikasi telah disiapkan oleh tim LIPI) agar proses rekording dapat segera dilakukan. Pembuatan kandang jepit tersebut dikordinasi oleh Tim Sekret TP Banyumulek (Bapak A.W. Nasrudin). Pada tanggal 2 Juni 2016, dilakukan kegiatan rekording terhadap empat (4) ekor sapi jantan yang baru saja datang (dibeli) untuk kegiatan penggemukan. Kegiatan rekording menggunakan metode dan fasilitas penunjang rekording.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *